HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEMATANGAN KARIER SISWA SMK

Adelia Asna'ul Witri, Muslikah Muslikah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berlandaskan pada fakta di lapangan yang memperlihatkan bahwa sebagian siswa SMK di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang belum mampu membuat perencanaan karier secara tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan kariernya. Padahal siswa lulusan SMK dirancang untuk menjadi lulusan yang siap bekerja dan bersaing didunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang tingkat masing-masing variabel dan hubungan antar variabel. Jenis  penelitian ini adalah kuantitatif ex-post facto dengan desain korelasional. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan tingkat kecerdasan emosional, dukungan sosial keluarga, dan kematangan karier siswa SMK berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karier, terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan kematangan karier, serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial keluarga dengan kematangan karier.


References


Ananta, Jidan., (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Ketawanggede Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri. Vol. 12, No. 1

Dwiyanti, N. & Ediati, A. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Empati. Vol. 7, No. 2.

Fabio, A .D. (2012). Emotional Intelligence - New Perspectives and Applications. Italy: InTech.

Fabio, A. D., & Kenny, M. E. (2011). Promoting Emotional Intelligence And Career Decision Making Among Italian High School Students. Journal of Career Assesment. Vol. 19, No.1.

Goleman, Daniel. (2016). Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Gunuc, S., & Dogan, A. (2013). The Relationship Between Turkish Adolescents Internet Addiction, Their Perceived Social Support And Family Activities. Computer In Human Behavior. 29; 2197-2207

Hendrianti, N.P., & Dewinda, H.R. (2019). Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kematangan Karier Pada Siswa Kelas XII SMK. Jurnal RAP UNP. Vol. 10, No. 1.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th ed). Jakarta: Erlangga.

Lau, P.L., Low, S.F., ZakariaA.R. (2013). Gender and Work: Assesment and Application of Super’s Theory – Career Maturity. Jurnal Penelitian. Malaysia: Faculty of Education University of Malaya.

Lal, K. (2014). Career Maturity in Realtion to Level of Aspiration Adolencents. American International Journal of Research in Humanities, Arts, and Sosial Sciences. Vol. 5.

Lestari, Indah. (2017). Meningkatkan Kematangan Karier Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 3, No. 1.

Lestari, T.N., & Rahardjo, P. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karier Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang Sedang Menempuh Skripsi. Jurnal Psychoidea. Vol. 11, No. 2.

Listyowati, A., Andayani, T.R., & Karyanta, N.A. (2012). Hubungan Antara Kebutuhan Aktualisasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas XII SMA N 2 Klaten. Jurnal Wacana. Vol. 4, No. 8.

Mairdartati., Sri Hayati., & Eva S. A. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Retardai Mental Ringan-Sedang Di SLB Cicalengka. Jurnal Keperawatan Galuh. Vol. 1, No.2.

Mulawarman., Fahmi N.H., Suharso., & Muslikah. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Dengan Penggunaan Social Media Pada Siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 7, No. 3

Mustikaningrum, L., & Desiningrum, D.R. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Demak. Jurnal Empati. Vol. 6, No. 4.

Rahma, Ulifa., & Rahayu, E.W. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga dalam Membentuk Kematangan Karier Siswa SMP. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen. Vol. 11, No.3.

Saifuddin, Ahmad. (2018). Kematangan Karier : Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sarafino, E. P & Smith, T. W. (2011). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions (6th edition). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Sersiana, Luluk., dkk. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Karier Dan Persepsi Terhadap Masa Depan Karier Dengan Kematangan Karier Siswa SMK PGRI Wonoasri Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal BK UNESA. Vol. 3, No. 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tekke, M., & Ghani, M. F. A. (2013). Examining The Level Of Career Maturity Among Asian Foreign Students In Public University : Gender And Academic Achievement. Hope Journal of Pakistan. Vol. 1, No.1.

Winkel, W.S & Sri Hastuti. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Edisi Revisi. Yogyakarta: Media Abadi

Winkle, W.S. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Yon, K.J., Jeong, J.R., & Goh, M. (2012). A Longitudinal Study Of Career Maturity Of Korean Adolescents: The Effect Of Personal And Contextual Factors. Journal of Asia Pasific Education Review. Vol.13, No.4


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i1.3194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.