TINGKAT STRES AKADEMIK PESERTA DIDIK SMP DI MASA PANDEMI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Ana Sahara, Muslikah Muslikah

Abstract


Stres akademik adalah suatu kondisi yang dialami peserta didik karena banyaknya tuntutan akademik. Banyak faktor yang membuat seseorang mengalami stres akademik. Untuk saat ini pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu faktor munculnya stres akademik yang dialami peserta didik karena belum terbiasa melakukan pembelajaran dalam jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stres akademik yang dirasakan peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala stres akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 258 siswa SMP Negeri di Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres akademik yang dialami peserta didik ada pada kategori tinggi (M=57,47) dapat disimpulkan bahwa mayoritas peserta didik SMP mengalami stres akademik selama pembelajaran jarak

References


Agolla, Joseph E., and Henry Ongori. 2009. An Assesment of Accademic Stress Among Undergraduate Students : The Case of University Of Bostwana. Educational Research and Reviews 4(2): 63–70.

Agung, Gema, and Meita Santi Budiani. 2013. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres. Jurnal Penelitian Psikologi 1(2): 6.

Barseli, Mufadhal, dan Ifdil Ifdil. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan 5(3): 143.

Dewi, Diana Lilik.K dan Muslikah. 2021. The Correlation of Coping Stress and Social Support with Academic Stress on Distance Learning. Journal of Counseling Psychology 1(1): 1–8.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ernawati, Lilis, dan Diana Rusmawati. 2015. “Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013.” Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip 4(4): 26–31.

Kountul, Y.P., Kloibu, F.K., & Korompis, G.E. 2019. Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres. Kesmas. 7(5).

Mendikbud. 2020. “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease(Covid-19).” surat edaran dari kemetrian RI 5(2020): 2013–15.

Mulya, Hantoro Adhi, and Endang Sri Indrawati. 2016. “Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.” Jurnal Empati 5(April): 296–302.

Nurmaliyah, Faridah. 2014. “Menurunkan Stres Akademik Siswa Dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction.” Jurnal Pendidikan Humaniora 2(3): 273–82. http://journal.um.ac.id/index.php/jph.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6(2): 109–19.

Safira, L., Hartati, M. T.S. 2021. Gambaran Stres Akademik Siswa SMA Negeri Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1). pp. 125-136

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sun, J.et al. 2011. “Educational Stress Scale for Adolescents: Development, Validity, and Reliability with Chinese Students.” Journal of Psychoeducational Assessment 29(6): 534–46.

Sun, J.et al. . 2012. Eduactional Stress Among Adolescents in China. Australasian Epidemiological, 19(1). 9-12.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.3380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.