HUBUNGAN PERILAKU ASSERTIVE DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING MAHASISWA PELAKSANA PEMBELAJARAN DARING PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Siti Adibatul Musta'anah, Eem Munawaroh

Abstract


Penelitian ini didasarkan atas banyaknya fenomena mengenai meningkatnya setres dan kecemasan mahasiswa setelah melaksanakan pembelajaran daring yang berakibat pada tingkat kebahagiaan mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan perilaku assertive dengan subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Penelitian dilakukan dengan metode kolerasional. Subjek penelitian berjumlah 335 responden dari 7186 mahasiswa. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Quota random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Rathus Assertivness Scale dan Skala Subjective well-being pelaksana pembelajaran daring. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku assertive berada pada kategori yang tinggi dan tingkat subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring berada pada kategori sedang. Kemudian ditemukan terdapat hubungan yang positif signifikan antara perilaku assertive dan subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring. Dari hasil tersebut dapat dipahami bahwa semakin tinggi perilaku assertive yang dimiliki maka semakin tinggi pula subjective well-being mahasiswa pelaksana pembelajaran daring. Berkaitan dengan hasil penelitian ini diharapkan konselor mampu membantu mahasiswa meningkatan perilaku assertive yang dimiliki melalui layanan Bimbingan dan Konseling yang tepat.

References


Attri, A. K. (2012). Distance Education: Problems and Solutions. International Journal Of Behavioral, 01(04). https://doi.org/2277-7547

Diener, E., Oishi, S., & Tay, L. (2018). Advances in Subjective Well-being Research. Nature Human Behaviour, 2, 253–260. Retrieved from https://www.nature.com/articles/s41562-018-0307-6

Francisca. (2017). Hubungan Antara Perilaku Asertif dan Kecemasan Presentasi Proposal Skripsi Pada Mahasiswa. Universitas Sanatha Dharma Yogyakarta.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Kemendikbudristek. (2020). Surat Edaran Mendikbut No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Retrieved November 16, 2021, from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Larashati, D., & Nasywa, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Subjective Well-Being. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(1), 54–62. https://doi.org/2715-2456

Rochimah, F. A. (n.d.). Dampak Kuliah Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Ditinjau dari Aspek Psikologi. Jurnal Psikologi Universitas Lambung Mangkurat.

Sarah, Y., & Yeniar, I. (2018). Hubungan Antara Asertivitas Dengan Psychological Well-Being Pada Taruna Jurusan Nautika Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Jurnal Empati, 7(4), 297–304.

Sriyanto, S., Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74–88.

Wijaya, erik. 2017. Peranan Humor terhadap Stres dengan Subjective Well Being (SWB) sebagai Mediator pada Dewasa Awal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni . 1(1), 353-360.

Yessi, & Oktaviana, R. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Yatim di Palembang. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 11(2).

Yusuf, B., & Qomarud, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (Pertama). Yogyakarta: Deepublish.

Zulkaida, A. (2005). Tingkah Laku Asertif Pada Mahasiswa Proceding. In Seminar Nasional PESAT. https://doi.org/18582559


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i1.3440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.