BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI TERAPI SHALAWAT BURDAH DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS REMAJA DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KEDIRI

Miftahul Mufarrihah, Dzinnun Hadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri dalam menumbuhkan religiusitas remaja dengan melalui terapi shalawat burdah serta hasil akhir terapi shalawat burdah dalam menumbuhkan religiusitas remaja di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus terhadap remaja yang melakukan pelanggaran aturan yang ada di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri. Subjek dalam penelitian ini adalah para remaja dan ustadz atau pembimbing yang ada di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kediri. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dalam menumbuhkan religiusitas remaja melalui terapi shalawat burdah di pondok pesantren Darul Hikmah Kediri yang dilakukan dengan 5 langkah prosedur dalam bimbingan konseling Islam, yaitu identifikasi, doagnosis, progosis, treatmen dan follow up (evaluasi). sehingga, melalui terapi shalawat burdah mampu menumbuhkan tingkat religiusitas pada remaja yang baik dan senantiasa merasa dekat dengan Allah SWT serta mampu merubah sikap, tanggung jawab dan percaya diri.

References


Ahyadi, Abdul Aziz. 1991. Psikologi Agama. Bandung: Sinar Baru.

Ali, Mohammad dan Mohammad Anshori. 2014. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Amin, Samsul Munir. 2016. Bimbingan Dan Konseling Islam. 1st ed. ed. Lihhiati. Jakarta: Amzah.

Effendi, M. Rahmat, Edi Setiadi, and Nandang HMZ. 2018. “Religiusitas Masyarakat Adat Kampung Dukuh Kabupaten Garut Jawa Barat.” INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication) 3(1): 125.

Fadillah, Ainun. 2018. Upaya Meningkatkan Religiusitas Anak Melalui Bimbingan Agama Islam. UIN Walisongo Semarang.

Hamdi, Muhammad Halabi. 2005. Sholawat Sebagai Terapi Spiritual. pertama. ed. Hervie Est. Yogyakarta: ABSOLUT.

Hardani, Hardani, and Dhika Juliana Sukmana. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.research gate.net/publication/340021548.

Hasanah, kamilah noor syifa. 2017. “Bimbingan Keagamaan Di Pesantren Untuk Meningkatkan Kemampuan Beragama Santri.” Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling Dan Psikoterapi 5(4): 407–30.

Hikmah, Siti. 2015. Psikologi Perkembangan : Tinjauan Dalam Prespektif Islam. Semarang: CV.Karya Abadi Jaya.

Hs. Bunganegara, Muadilah. 2020. “Pemaknaan Shalawat: Pandangan Majelis Dzikir Haqqul Yaqin.” Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis 9(2): 180–99.

Kamaludin. 2016. Rahasia Dahsyatnya Shalawat Keajaiban Lafadz Rasulullah. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Semesta.

Rahmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudirman, S. 2020. “Pengaruh Mendengarkan Terapy Shalawat Terhadap Penurunan Stress Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.” Borneo Student Research (BSR) 1(2): 1210–14.

Sugiyono. 2010. Metode Kuantitatif Dan Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Taufik, Muhamad, Pandu Hyangsewu, and Isni Nur Azizah. 2020. “Pengaruh Faktor Religiusitas Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja Di Lingkungan Masyarakat.” Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan 6(1): 91–102.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i1.3610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.