EFEKTIVITAS TERAPI SHALAT UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA DI LBB GRIYA TALENTA BUNDA SURABAYA

Adhystia Putri Henrizka, Eurika Septyarini, Nawabika Izzah Zaizafun, Abdul Muhid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi shalat guna mengurangi stres akademik pada siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen dengan pemberian pelatihan terapi shalat “FATULSHA RUSTA ULA”. Subjek penelitian ialah siswa SMA kelas 10 di LBB Griya Talenta Bunda Surabaya. Adapun kisaran umur subjek ialah berumur 16-17 tahun. Subjek yang berpartisipasi pada penelitian ini berjumlah 30 siswa (17 perempuan dan 13 laki-laki). Penelitian ini menggunakan analisis data uji-t sampel berpasangan dengan membandingkan nilai variabel coping stres akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan coping stres pada siswa dalam menghadapi tantangan akademik mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan sholat. Setelah dilakukan pelatihan shalat siswa merasa beban pikiran berkurang, optimis bahwa masalah yang dihadapi dapat teratasi, semakin giat bersaing secara sehat, dan lebih tenang ketika hendak mengikuti ujian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan sholat merupakan salah satu intervensi yang efektif dalam mengatasi stress akademik pada siswa.

References


Adawiyah, R. (2017). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Menghadapi Penyusunan Skripsi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Muhamadiyah Yogyakarta). Skripsi). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Al Baqi, S., & Sholihah, A. M. (2019). Manfaat Shalat untuk Kesehatan Mental: Sebuah Pendekatan Psikoreligi Terhadap Pasien Muslim. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 83–92.

Ali, M., Pambudi, R. A., & Sani, T. R. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Shalat Lima Waktu Dan Tingkat Stres Pada Siswa SMA Kelas XII Di SMAN 9 Jakarta Tahun 2020. Jurnal Fisioterapi Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 60–68.

Aziz, M. A. (2019). Sukses Belajar Melalui Terapi Shalat (Wudhu Inspiratif, Shalat Motivatif). UIN Sunan Ampel Press.

Budu, H. I., Abalo, E. M., Bam, V., Budu, F. A., & Peprah, P. (2019). A Survey of The Genesis of Stress and Its Effect on The Academic Performance of Midwifery Students in a College in Ghana. Midwifery, 73, 69–77.

Chang, S., & Lin, S. S. J. (2019). Online Gaming Motive Profiles in Late Adolescence and The Related Longitudinal Development of Stress, Depression, and Problematic Internet Use. Computers & Education, 135, 123–137.

Chen, Y., Huang, X., Chien, C., & Cheng, J. (2017). The effectiveness of diaphragmatic breathing relaxation training for reducing anxiety. Perspectives in Psychiatric Care, 53(4), 329–336.

Deb, S., Strodl, E., & Sun, H. (2015). Academic Stress, Parental Pressure, Anxiety and Mental Health among Indian High School Students. International Journal of Psychology and Behavioral Science, 5(1), 26–34.

Doufesh, H., Ibrahim, F., & Safari, M. (2016). Effects of Muslims praying (Salat) on EEG gamma activity. Complementary Therapies in Clinical Practice, 24, 6–10.

El-Sutha, S. H. (2016). Shalat Samudra Hikmah. WahyuQolbu.

Goliszek, A. (2014). Mind-body Health and Healing: Using the Power of The Brain to Prevent Disease, Reduce Stress, and Slow Aging. Central Recovery Press, LLC.

Haruyama. (2015). Statistik Kesehatan. Rajawali Pers.

Liem, A., Onggowijoyo, R. B., Santoso, E., Kurniastuti, I., & Yuniarti, K. W. (2015). Exploring Stressful Live Events on Indonesian Adolescents. The 10th Asian Association of Social Psychology Biennial Conference, Universitas Gadjah Mada, 75–95.

Muharrifah, A. (2009). Interaksi antara Remaja, Ayah, dan Sekolah serta Hubungannya dengan Tingkat Stres dalam Menghadapi Ujian Nasional.

Nazish, N., & Kalra, N. (2018). Muslim prayer-a new form of physical activity: A narrative review. Int J Health Sci Res, 8(7), 337–344.

Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The Impact of Stress on Students in Secondary School and Higher Education. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 104–112.

Rahmawati, D. D. (2012). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan. Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Kelas, 1.

Rahmawati, W. K. (2016). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 2(1), 15–21.

Rismalinda. (2017). Psikologi Kesehatan. Trans Info Media.

Safaria, T., & Saputra, N. E. (2012). Emotion Management, A Smart Guide on How to Manage Positive Emotions in Your Life. Jakarta: Bumi Aksara.

Sayekti, E. (2017). Efektifitas Teknik Self-instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017. IAIN Salatiga.

Suhada, R., & Fajrin, A. D. (2021). Hubungan Keteraturan Melaksanakan Shalat Fardhu dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Keperawatan yang sedang Menyusun Skripsi dalam Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan 2021. Journal of Public Health Innovation, 2(1), 93–102.

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 143–150.

Van Der Zwan, J. E., De Vente, W., Huizink, A. C., Bögels, S. M., & De Bruin, E. I. (2015). Physical activity, mindfulness meditation, or heart rate variability biofeedback for stress reduction: a randomized controlled trial. Applied Psychophysiology and Biofeedback, 40(4), 257–268.

Yuwono, S. (2010). Mengelola Stres dalam Perspektif Islam dan Psikologi. Psycho Idea, 8(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v8i2.4333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.