EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 28 JAKARTA

Almira Putri Ramadhani, Jum Anidar

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMK Negeri 28 Jakarta. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 28 Jakarta. Teknik penarikan sampel dalam, penelitian ini adalah purposive sampling yaitu 8 siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penelitian skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan uji Paired Sample T Test dengan versi20. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri 28 Jakarta sebelum diberikan layanan berada pada kategori Tinggi (Pretest), berbeda dengan hasil setelah diberikan layanan (Posttest) berada pada kategori Sangat Rendah. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada kelompok siswa, sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok.

References


Azwar.S, 2012, Metode Penelitian, Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Erfan Ramadhani, Kurnia Sari, 2018, Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Discovery Learning Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Mengerjakan Skripsi, Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. Wahana Didaktika Vol. 16 No.2 193-206.

Hakim, Abdul, 2016, Metode Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Malang. CV. Cita Intrans Selaras.

Hartanti, Jahju, 2002, Bimbingan Kelompok, UD Duta Sablon, Tulung Agung.

Munawaroh, M. L., Alhadi, S, dan Saputra W.N. E, 2017, Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9, Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 2 (1), 26 – 31.

Narti Sri, 2014, Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa, Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Prayitno, 2004, Bimbingan dan Konseling, Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Putra, 2013, Efektifitas Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa, Konselor, Jurnal Ilmiah Konseling, Volume 2 Nomor 2.

S. Utaminingsih, Iman Setyabudi, 2012, Tipe Kepribadian Prokrastinasi Akademik Pada Siswa, Jurnal Psikologi, Volume 10.

Sukardi. 2002, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

V. Wiratna Sujarweni, 2014, SPSS Untuk Penelitian, Yogyakarta. Pustaka Baru Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i1.4374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.