HUBUNGAN ANTARA PERAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MENCONTEK MAHASISWA DI PRODI BKI FITK UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Khairuddin Khairuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas tentang hubungan antara peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek mahasiswa di Prodi BKI FITK UIN Sumatera Utara Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek penelitian  ini adalah mahasiswa Prodi BKI FITK UIN Sumatera Utara Medan jumlahnya keseluruhan adalah sebanyak 968 mahasiswa orang. Sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 30 orang mahasiswa yang berarti bahwa seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dikarenakan jumlahnya sedikit. Alat pengumpul datanya adalah angket. Adapun jumlah item angket penelitian mengenai peranan sebaya adalah sebanyak 30 item. Sedangkan angket berkenaan dengan perilaku mencontek jumlahnya 30 item. Pengolahan datanya menggunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa hubungan antara variabel peran sosial teman sebaya dengan perilaku mencontek sebesar -0,260 pada signifikansi 0,000. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel peran sosial teman sebaya dengan  perilaku mencontek sebesar -0,260 pada signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan  kedua  variabel bersifat negatif. Artinya, jika variabel peran sosial teman sebaya meningkat, maka perilaku mencontek menurun.

References


Abdullah Alhadza. 2004. Masalah Menyontek (Cheating) di Dunia Pendidikan. (Online). (http://www.depdiknas.go.id/jurnal, diakses 14 juni 2010).

A. Muri Yusuf, Teknik Analisa Data. (Padang : FIP UNP, 2012).

Antara News. Kunci Jawaban UN Beredar Lewat SMS Pendek. (Bogor: Antara News. 2010).

Brown, B.S., dan Choong, P. (2003). Identifying The Salient Dimensions of Student Cheating and Their Key Determinants in a Private University. Journal of Business and Economics Research Volume 1, Number 3.

Burns, R. B., Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Terjemahan olehEddy. (Jakarta: Arcan, 1979).

Bushway, A., & Nash, W.R. 1997. School Cheating Behavior. Review of Educational. Research, 47,.

Devi Kusrieni. 2014. Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku mencontek. Journal UAD Volume 3, Number 2.

FPPIT, Ditemukan 11 Indikasi Ketidakjujuran Panitia Penyelenggara UN. (Tuban: Harian Surya, 2010).

FPPIT, Hari kedua UN Kunci Jawaban Ditawarkan Seharga Rp. 100.000 Per-Paket, (Tuban: Harian Surya, 2010).

Harianto. Penggunaan REBT untuk Mereduksi Perilaku Mencontek pada Mahasiswa Perguruan tinggi Menengah. (Yogyakarta: FIP Universitas Ahmad Dahlan, 2011).

Mohammad Ali dan Moh. Asrori. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).

Usman, H. & Akbar, P. S. Pengantar Statistika. (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Kemendikbud, Pasal. 1 ayat 1.

Yettie, Psikologi Sosial. (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v4i2.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.