Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Remaja Terhadap Tindakan Bully Siswa Di PKBM Kasih Bundo Kota Bukittinggi

Fadhilla Yusri, Jasmienti Jasmienti

Abstract


 

Salah satu hal yang perlu dipenuhi dalam masa perkembangan remaja adalah kebutuhan remaja. Salah satu dampak dari tidak terpenuhinya kebutuhan remaja adalah perilaku agresif. Perilaku agresif sangat erat hubungannya dengan tindakan bully yang banyak terjadi dikalangan pelajar saat ini. Hasil akhir dari bullying lebih dapat diprediksi dibanding hasil akhir dari agresi. Bullying disebut sebagai sub bagian dari perilaku agresif karena di dalamnya melibatkan agresi atau serangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemenuhan kebutuhan remaja terhadap tindakan bully siswa di PKBM Kasih Bundo Kota Bukittinggi.


References


A.Muri Yusuf. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Pre.

Anas Sudijono. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anisarah Imam. 2015. Perilaku Sosial Siswa Korban Bullying di SDS Trisula Perwari Bukittinggi. Skripsi: Tidak dipublikasikan.

Andi Mappiare. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Chaplin, J. P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baidi Bukhori. 2008. Zikir Al-Asma’ Al-Husna Solusi Problem Agresivitas Remaja. Semarang: Syiar MediaPublishing.

Barbara Coloroso. Penindas, Tertindas, dan Penonton, Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi.

Berkowitz, L., & Green, R. G. 1967. Stimulus Qualities of The Target of Aggression: A Futher Study. Journal of Personality and Social Psychology 5.

Bush, A.H., & Perry, M. 1992. The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology 63.

Cornell, D.G., Peterson, C.S., & Richards, H. 1999. Anger as a predictor of aggression among incarcerated adolescent. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 62.

Dayakisni, T. H & Hudaniah. 2006. Psikologi Sosial. Malang:UMM Press.

Depdibud. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Elida Prayitno dan Erlamsyah. 2002. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: UNP Press.

F. J. Monks; A.M.P. Knoers; Siti Rahayu Haditono. 2006. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: UGM PRESS.

Hurlock, E.B. 1996. Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Joseph Oxendine. 1984. Psychology of Motor Learning. New Jersey: Prentice-Hall.Inc.

J.ST. Djamaris. 2012. Kamus Besar Bahasa Inggris. Jakarta : Citra Harta Prima.

Kiswarawati. 1992. Perilaku Agresi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Koeswara, E. 1988. Agresi Manusia. Bandung: PT. Eresco.

Krahe, B. 2005. Perilaku Agresif: Buku Panduan Psikologi Sosial, Terjemahan: Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Muh. Anas Malik. 2007. Pengantar Psikologi Sosial. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Myers, D.G. 2002. Social psychology, 7th edition. New York: McGraw Hill.

Ponny Retno Astuti. 2008. Meredam Bullying 3 cara Efektif Meredam KPA (Kekerasan Pada Anak). Jakarta: Grasindo

Riauskina, dkk. 2005. Gencet-gencetan di mata siswa/siswi kelas 1 SMA. Skripsi: Tidak dipublikasikan.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

_______. 2008. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rigby, Ken. 2003. Bullying Among Young Children: A Guide for Teachers and Carers. Australia: Australian Government Attorney-General‟s Department.

Robison, Kathy. 2010. Bullies and Victims: A Primer for Parents. National Association of School Psychologists.

Roni Septrianto. 2007. Perilaku Agresif Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang Ditinjau dari Religiusitas. Semarang: UNIKA

Sarwono, S. W. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sears, David .O, Jonathan L. Freedman, & L. Anne Peplau. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga.

SEJIWA. 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.

S. Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Smith, P.K. & Thompson, D. 1991. Practical approaches to bullying. London: David Fulton.

Sri Wahyuni & M.G. Adiyanti. 2010. Correlation Between Perception Toward Parents Authoritarian Parenting And Ability To Empathize With Tendency Of 88 Bullying Behavior On Teenagers. Skripsi. Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan dan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarto, H. dan B. Agung Hartono. 1994. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tattum, D. & Tattum, E. 1992. Social education and personal development. London: David Fulton.

Underwood, M., Springer, J., & Scott, M. 2011. Lifelines Intervention. Center City MN: Hazelden Publishing.

UU No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fermana.

Wilson Sandra Jo and Mark W. Lipsey. 2003. The Effects of School-Based Intervention Programs on Aggressive Behavior: A Meta-Analysis. Journal of Consulting and Clinical Psychology, Vol. 71, No. 1.

Zamzami, A. 2010. Agresivitas Siswa SMK DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v3i2.529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.