MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HADITS

Syahril Syahril

Abstract


Islam mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu. Berkaitan dengan kewajiban tersebut banyak ditemukan maupun Hadits Nabi Muhammad SAW baik secara implisit maupun eksplisit yang memotivasi umat Islam untuk selalu belajar dan menuntut ilmu tanpa membedakan ilmu agama dengan ilmu umum. Motivasi tersebut dapat berupa ekstrinsik maupun intrinsik. Motivasi ekstrinsik dengan mengemukakan beberapa keutamaan belajar atau menuntut ilmu seperti orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan jalannya ke surga, ditinggikan derjatnya dan sebagainya. Sedangkan motivasi intrinsik bahwa belajar harus didasarkan pada niat yang ikhlas untuk mendapatkan keredhaan Allah. Motivasi belajar menurut hadits ini sekaligus membedakan motivasi belajar menurut Islam dengan teori-teori belajar menurut teori-teori belajar Barat yang bersifat sekuler dan antroposentrik. Konsep motivasi belajar dalam Islam bersifat transendental dan teosentrik yang menempatkan posisi manusia pada posisi balance, bahwa belajar bukan hanya untuk kepentingan dunia semata, akan tetapi ilmu yang menambah keimanan dan ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya, sekaligus bermanfaat tidak hanya untuk kehidupan dunia, melainkan juga untuk kehidupan akhirat.


References


Abu Bakar Muhammad, Hadits Tarbawi I, Surabaya: al-Ikhlas, 1995

Baharuddin, Prof. Dr, H, M.Pd.I dan Dr. Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Hamzah B. Uno, Dr, M.Pd, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Ananlisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2013,

John W. Santrock, Educational Psychology, (Penterjemah: Tri Wibowo BS, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2015

M. Ngalim Purwanto MP, , Psikologi Pendidikan, Bandung: remaja Rosdakarya, 1994.

Muhammad Usman Najati, Dr, al-Hadits wa ‘Ulum an-Nafs, (Penterjemah: Zainuddin Abu bakar, Lc, Psikologi dalam Perspektif Hadits), Jakarta: Pustaka al-Husna, 2004.

M. Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an, Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1996

----------, Membumikan al-Qur’an, Bandung: Mizan, 1999

Sanjaya, Wina. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v3i2.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.