APLIKASI PEMIKIRAN IVAN PVLOV DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL

Gusti Rahayu, Sufyarma Marsidin, Yeni Karneli, Nofrizal Nofrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relasi antara pemikiran Ivan Pavlov dalam layanan konseling individual. Ivan Patrovich Pavlov yang merupakan salah satu tokoh teori belajar behavioristik dengan menggunakan konsep classical conditioning dan dijuluki sebagai bapak teori behavioristik. Penelitian yang digunakan adalah literature review dengan berpedoman pada artikel dan buku-buku. Pendekatan filosofis-historis dan content analysis menjadi acuan dalam memberikan penjelasan hasil data yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menempuh jalan pembiasaan akan dapat memberikan perubahan pada tingkah laku seseorang. Pembiasaan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu takhalli (unconditioning stimulus), tahalli (conditioning stimulus), dan tajalli (conditioning respons) untuk dapat merefleksikan perilaku yang baik menjadi sebuah habits yang hai’ah dalam diri peserta didik.

References


Embun, B. (2012). Retrieved from Penelitian Kepustakaan.

LN, YS, & Juntika, AN. (2007). Personality Theory. Bandung: Rosdakarya Youth.

Kassim. Moh. (2010). Qualitative Research Methodology – Quantitative. Malang : UIN Maliki Press.

Muhibbin, S. (2003). Learning Psychology. Jakarta: PT. King Grafindo Prasada.

Prayitno, et al. (2004). Basics of Guidance and Counseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto, NM. (2014). Educational Psychology. Bandung: Youth Rosdakarya.

Rohmah, N. (2012). Educational Psychology. Yogyakarta: Terrace.

Sofyan S., W. (2011). Individual Counseling Theory and Practice. Bandung,: Alphabeta.

Sugihartono, et al. (2013). Educational Psychology. Yogyakarta: UNY Press.

Sulistyarini. (2014). Basics of Counseling. Jakarta: Putra Karya's Achievements.

Tohirin. (2007). Counseling Guidance in Schools and Madrasahs. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i1.5576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gusti Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.