PERSEPSI DAN PENGALAMAN SISWA SMA NEGERI 1 KLUET TIMUR MENGENAI BULLYING

sela safitri, Abu Bakar, Nurbaity Bustamam

Abstract


Permasalahan bullying di institusi pendidikan Indonesia bukan sebuah kasus yang baru. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat membentuk kepribadian yang positif ternyata sering dijadikan tempat untuk perundungan. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan persepsi dan pengalaman siswa SMA Negeri 1 Kluet Timur mengenai bullying. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kluet Timur dengan populasi penelitian seluruh siswa SMA Negeri 1 Kluet Timur dan sampel berjumlah 122. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala persepsi dan pengalaman bully. Hasil menunjukkan bahwa kebanyakan siswa masih belum dapat membedakan antara perbuatan bullying dengan candaan, perkelahian, tawuran dan ejekan, hanya beberapa siswa yang berpersepsi tentang bullying yang sesungguhnya. Oleh karena itu kebanyakan siswa juga melaporkan mengalami bulli dalam kategori sangat rendah. Hal ini sejalan dengan persepsi siswa terhadap bullying, sehingga beberapa kejadian yang terjadi di sekolah hanya dianggap seperti suatu tindakan yang normal atau tidak berbahaya. Hasil ini perlu mendapat perhatian dari sekolah, masyarakat dan akademisi yang tertarik dengan penanganan perilaku bully.

References


Abdussalam, Sugiyarianti. 2018. “8 dari 10 Anak Indonesia Pernah di Bully, Harus Segera Diakhiri Karena Bisa Bunuh Diri.” Bandung : Tribunjabar.id. (http://jabar.tribunnews.com/2018/07/27/8-dari-10-anak-indonesia-pernah-dibully-harus-seger-diakhiri-karena-bisa-bunuh-diri.)

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Edisi Revisi.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aryarini. 2018. Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Mojokorto: CV. Sepilar Publishing House.

Aulia, Risha 2018. Kekerasan Terhadap Remaja. Skripsi, Universitas Mercu Buana. Yogyakarta

Fiah, F.M., Lewar, E.S. and Nako, Y.M., 2021. Strategi guru par (pendidikan anak remaja) dalam mengatasi bullying di kelas Katekisasi GMIT Jemaat Mizpa Tetebudale Kabupaten Kupang. CHMK Nursing Scientific Journal, 5(1), pp.18- 25.

Irianto Koes. 2014. Ilmu Kesehatan Masyarakat.Bandung: Alfabet.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia, 2019. Rincian data kasus berdasarkan klaster perlindungan anak, 2011-2019. (online)(https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully-di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia, diakses 08 januari 2022

Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i1.5911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sela safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.