Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa

Amirah Diniaty

Abstract


 Minat mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran, karena dengan adanya minat, siswa akan lebih konsentrasi, semangat, gembira, tidak mudah bosan, dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Sehingga dengan demikian siswa mencapai suatu keberhasilan belajar. Minat belajar dipengaruhi oleh faktor dalam diri dan dari luar diri individu, salah satu faktor dari luar diri adalah dukungan orangtua. Minat belajar siswa yang tidak terlepas dari dukungan orangtua karena orangtua adalah orang yang sangat urgen dengan diri siswa. Dukungan yang diberikan orangtua berupa dukungan emosional seperti kepedulian, perhatian, motivasi kepada anak (siswa), dukungan penghargaan berupa dorongan positif atau reward, dukungan instrumental berupa fasilitas belajar, biaya, dan dukungan informasi berupa petunjuk, saran, nasehat, berbagi pengalaman yang diberikan orangtua kepada anaknya yang berperan sebagai siswa dalam belajar. Adanya dukungan orangtua tersebut akan memicu minat siswa dalam belajar.


References


Abror, A. R. 2005. Psikologi Pendidikan. Terjemahan dari Crow, L., & Crow, A. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Chaplin, J. P. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan oleh Kartini Kartono. 2009. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djaali. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Edelson, D. C., & Joseph., D. M. 2001. “Motivating Active Learning: A desigh framework for interest driven learning”. Evanston: Northwestern University.

Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidi, S., Renninger, K. A., & Krapp, A. 2004. “Interest a Motivational Variable that Combines Affective and Cognitive Functioning”. Journal Educational Psychology, 1 (3):89-115.

Lee H., Detels., & Beckman. 2004. Readiness for Self Directed Learning and the Cultural Values of Individualism/Collectivism Among American and South Korean College Students Seeking Teacher Certification in Agriculture. Texas A: University Press.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Prenada Media Grup.

Nisa, R. A. K. 2012. “Sumbangan Self Esteem, Dukungan Orangtua, Guru dan Teman Sebaya terhadap Kepuasan Sekolah pada Siswa Tunarungu di SMP dan SMA Inklusi”. Tesis tidak diterbitkan. Depok: PPs UI.

Olaosbikan, O. I., & Olusakin, A. M. 2014. “Effects of Parental Influence on Adolescent Career Choice in Badagry Local Goverment Area of Lagos State Nigeria”. Journal of Research & Method in Education, 4:44-57.

Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Terjemahan oleh Wahyu Indinti. Jakarta: Erlangga.

Prayitno. 2013. Konseling Integritas. Padang: UNP Press.

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supardi, U. S., Leonard., Huri., & Rismudiyati. 2012. “Pengaruh

Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika. Universitas Indraprasta PGRI”. Jurnal Formatif, 2 (1):71-81.

Sulaiman, A. R. 2013. “Peran Minat Belajar dan Dukungan Orangtua terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Ternate”. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: PPs UGM.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2006. Education Psychology. Boston: Allyn and Bacon.

Schunck, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. 2008. Educational

Motivation: Theory, reseach, and aplication. Ohio: Pearson Meril Hall.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. 2011. Health Psychology: Biopsychosocial interactions. Hoboken: Jhon Willey & Sons, Inc.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santrock, J. W. 2002. Psikologi Pendidikan. Terjemahan oleh Tri Wibowo. 2010. Jakarta: Kencana.

Toifur & Prawitasari. 2003. “Hubungan antara Status Sosial Ekonomi, Orientasi Religius dan Dukungan Sosial dengan Burnout pada Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap”. Jurnal Sosiohumanika, 16A (3): Tanpa halaman.

White, M. D. 2009. “Dietary Fatty Acids”. Journal American Family Physician, 80 (4):345-350.

Winkel, W. S. 1981. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v3i1.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.