STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING PESERTA DIDIK TINGKAT SD/MI MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL

Nursyamsi Nursyamsi

Abstract


Pada dasarnya dari kajian psikologi,setiap individu adalah unik, dan memiliki berbagai potensi yang dimilikinya, salah satu dianaranya memiliki kecerdasan interpersonal atau kecerdasan sosial. kecerdasan ini penting dikembangkan pada peserta didik oleh guru. masih ada anak disekolah yang belum mampu menyesuaikan dirinya dengan teman teman, suka menyendiri, takut dan malu yang berlebihan dengan teman sendiri, akibatnya mereka terisolasi dalam lingkungan pergaulan. untuk itu kecerdasan ini perlu dikembangkan pada anak oleh guru dengan mengajarkan dan melatih beberapa keterampilan interpersonal. adapun keterampilan-kete rampilan yang dapat dilatihkan pada peserta didik diantaranya seperti : bagaimana cara dia memahami dirinya sendiri, cara berinteraksi dalam lingkungan sosial bersama teman teman, cara mengatasi masalah dan menyelesaikan masalah dengan teman bila terjadi, memupuk dan mengembangkan sikap empati pada teman, cara berkomunikasi yang manis, ramah dan santun, serta mampu mendengarkan apa yang disampaikan teman secara efektif.

References


A.Supratiknya.1995. Tinjauan Psikologis Komunikasi antarpribadi. Yogyakarta, Penerbit Kanisius.

Abdul Halim Hanafi. (2021). Metodologi Penelitian Berparadigma Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Hakim Publishing.

Ahmad Muhaimin Azzet. 2010. Mengem bangkan kecerdasan sosial bagi anak. Jogjakarta:kata hati.

Alo liliweli. 2015. komunikasi antarpersonal. Jakarta: Kencana.

Cavanagh, Michael & Levitov, Justin E. (2002). The Counseling Eksperience A. Theoritical and Practical Aproach. USA: Wafeland Press, Inc.

Daniel Goleman. 1997. kecerdasan emosional.Jakarta : PT Gramedia Pustaka utama.

Fattah Hanurawan.2010. psikologi sosial suatu pengantar. Bandung:remaja rosdakarya.

Jeanne Segal. 2000.Melejitkan kepekaan emosional : cara baru praktis untuk mendayagunakan potensi insting dan kekuatan emosi anda. Bandung:Karfa.

John Gottman dan Joan DeClaire. 1997. kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.

Nashori, F. (2008). Psikologi sosial Islam. Bandung: Refika Aditama.

Robert, E. Slavin. (2011). Psikologi Pendidikan. Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Santrock, John W.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sarwono, Sarlito, W., dan Meinarno, Eko A., 2009. Psikologi Sosial. Salemba Humanika, Jakarta.

T. Safaria.2005. Interpersonal Intelligence, Penerbit,Yogyakarta, Amara Books.

Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penulis Fakultas Psikologi UI.2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Tri Dayakisni, Hudaniah.2009. Psikologi Sosial.Malang: UMM Press.

Zuchdi,D.(2009). Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali PendidikanYang Manusiawi. Bandung: Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v9i1.5946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nursyamsi Nursyamsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.