Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Putri Suhaida, Safri Mardison

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan di MTsN lembah Gumanti Kabupaten Solok dimana sebagian siswa mengakui belum ada arti pentingnya teman sebaya yang memiliki konsep diri dalam belajar dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar untuk membuat dia merasa lebih dihargai di lingkungan sekitar dan juga dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional dengan sampel penelitian sebanyak 63 orang siswa dari jumlah populasi 238 orang siswa yang ada di kelas VIII. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner teman sebaya dan konsep diri dalam bentuk skala. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment dan Analisis Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Teman sebaya siswa kelas VIII MTsN Lembah Gumanti dalam kategori kurang baik dengan jumlah rata-rata 107,90, (2) Konsep diri siswa kelas VIII MTsN Lembah Gumanti dalam kategori cukup baik dengan jumlah rata-rata 110,95, (3) Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rxy=0,368 besar dari r tabel=0,244 dengan signifikansi p=0,003 kecil dari 0,05. thitung 3,091 besar dari ttabel 2,00. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara teman sebaya dengan konsep diri siswa VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok.


References


Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung.

Aliah B. Purwakania Hasan. 2000. Psikologi Perkembangan Islami. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Clara R. Pudjigjog Yanti. 1993. Konsep Diri Dalam Pendidikan. Jakarta: Arcan.

Conny R. Semiawan. 1999. Perkem-bangan dan Belajar Peserta Didik. Depdikbud: Etin Solihatin

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Elida Prayitno. 2002 Psikologi Perkem-bangan Remaja. Padang,: Jurusan BK UNP.

Elizabeth B. Hurlock. 2012. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Jalaluddin Rakhmat. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung,: PT. Remaja Rosdakarya.

Machom Hardy. 1988. Psikologi Perkem-bangan. Jakarta: Jurusan BK UNP.

Santrock. 2007. Psikologi Remaja. Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sunaryo.2004.Psikologi untuk Kepera-watan. Jakarta:Buku Kedokteran.

Wasty soemanto. 2006. Psikologi Pen-didikan. Jakarta: Rineka Cipta.

William H.Fitts. 1971. The Self Concept and Self Actualization. Los Angeles: western corporation

Yusuf Purnomo dan Renita Mulyaning-tyas. Bimbingan dan Konseling SMA untuk Kelas X. Erlangga.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i1.752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.