PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MELALUI PENERAPAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT

Rabiati Rabiati, Fitria Mardika

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif learning tournament.  Target penelitian ini adalah siswa kelas X pada SMAN 10 Pekanbaru. PTK dilaksanakan dalam 3 siklus yang mana setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes formatif yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan logaritma. Tes formatif diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data secara deskriptif kuantitatif diperoleh hasil penelitian berupa peningkatan hasil belajar matematika siswa pada setiap siklusnya. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif learning tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase pada siklus I sebesar 67,50 % , siklus II sebesar 75,00 % dan siklus III sebesar 80,00 %.

Keywords


Hasil belajar matematika; Learning Tournament Strategy

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1247
Abstract views : 366 times
PDF : 155 times

References


Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, M. . (2011). Metode Edutainment.Jakarta: Diva Press.

Hamzah B, U. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartono, Murhayati, S., Helmiati, Promadi, Zulhidah, & Akbarizan. (2008). PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa.

Mell, S. (2006). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2002). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi

Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H. B., & Muhammad, M. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.