PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Asep Sujana, Ika Meika, Tiaraswati Tiaraswati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Advance Organizer dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Mathla’ul Anwar Menes kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimental yang berdesain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI IIS 1 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Advance Organizer dan kelas XI IIS 2 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Advance Organizer dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Keywords


Advance Organizer; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1310
Abstract views : 424 times
PDF : 282 times

References


Alamsyah, T. P., & Turmudi, T. (2016). Penerapan Model Advance Organizer Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Serta Self-Esteem Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 119-128. [onlie] Tersedia: http://www.kalamatika.matematika_uhamka.com/index.php/kmk/article/view/19

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lee Bih Ni et al. (2016). Advance Organizer:Cognitive Instructional Strategy. International Journal of Computer Networks and Wireless Communications (IJCNWC). ISSN: 2250-3501 Vol.6, no 2.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Reflika Aditama.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2). [Online], Tersedia; https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2025.

Nurdin, S. dan Andiantoni. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmawati, N. D. (2014). Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Heuristik Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP NegriI 6 Yogyakarta. [Online Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/12878/1/SKRIPSI%2520Nita%2520Dewi%2520Rahmawati

Ruhimat, T. et al. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusti, R., & Wilujeng, I. (2018). PENGARUH MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 7(6), 292-297.[online] Tersedia http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa/article/view/12313

Sari, V.N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X Materi Protista SMA 15 Negri Bandar Lampung. [Online Tersedia: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/343

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta.

Sujana, A., Rifa'i, R., & Astuti, N. (2019). PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 173-181. [online] Tersedia: http://150.107.142.250/index.php/JPPM/article/view/4864


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.