Kesalahan Koneksi Matematis Peserta Didik Menjawab Soal Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas IX SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Nursaliyah Nursaliyah, Andi Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui proporsi dan penyebab terjadinya kesalahan koneksi matematis yang dilakukan peserta didik menjawab soal materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMPN 4 VII Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX3 tahun ajaran 2017/2018, yang diambil dari 6 peserta didik yang melakukan kesalahan koneksi matematis, 2 peserta didik dari kelompok atas, 2 kelompok menengah dan 2 kelompok bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Kesalahan koneksi antar topik matematika rata-rata 18,83. Penyebabnya peserta didik belum mampu menghubungkan pengetahuanpengetahuan yang dimiliki, kurang memahami dan lupa konsep, tidak memahami soal, kurang teliti dan kesalahan dalam perhitungan. b) Kesalahan koneksi antar disiplin ilmu lain rata-rata 68,34. Penyebabnya peserta didik belum mampu menghubungkan pengetahuan antar disiplin ilmu lain, kurang teliti dalam menyimak dan mengenali persoalan berkaitan dengan pokok bahasan tertentu dan melihat keterangan dari soal. c) Kesalahan koneksi matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari rata-rata 81,67. Penyebabnya peserta didik sulit memahami soal, rendahnya penguasaan materi prasyarat, tidak mampu mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Kesalahan Koneksi Matematis, Kesebangunan dan Kekongruenan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v2i2.185
Abstract views : 590 times
PDF : 422 times

References


Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

___________. 2013. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________________. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________________. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________________. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharuddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz

Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fawaid, Ribatul Ahmad. 2015. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Peserta didik Kelas IX SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Harahap, Rosliana. 2012. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi matematika Peserta didik Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP ALWashliyah 8 Medan. Jurnal.

Hurs, C. 2004. Numeracy in Action : Student Connecting Mathematical Knowledge to a Range of Contex. Mathematics:

Essential Reseach Essential Practice,1(1).

Nata, Abudin. 2012. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Mathematics. United States: Reston, VA author

Pomalo, Amir. 2015. Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Campuran pada Materi Operasi

Hitung Bilangan Bulat. Jurnal.

Pramesti, Getut. 2013. Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta didik. Jurnal.

Prawironegoro, Pratiknyo. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Matematika Peserta didik Khusus Analisis Soal Untuk Bidang Studi Matematika, Jakarta: P2LLPTK

Puspitasari, N. 2011. Pembelajaran berbasis masalah dengan strategi kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

Matematika STKIP Siliwangi, Bandung.

Rahardjo, Swasono, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta didik Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal.

Rahayu, Alvina Mardi, dkk. 2016. Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Peserta didik dalam Menyelesaikan Masalah Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal.

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Rismawati, Melida, dkk. 2016. Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Peserta didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal.

Rohendi, D & Dulpaja J. 2003.Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Media to the Mathematical Connection Ability of Junior Hight School Student.

Journal of Education and Practice, 4 (4). Sanjaya, Wina. 2007. Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prenada Media.

____________. 2013. Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prenada Media.

Sarbani, Bambang. 2008. Standar Proses Pembelajaran Matematika. Artikel.

Sudjana, Nana. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

______________. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

______________. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

______________. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

______________. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suherman, H.L.E. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontenporer (Rev.ed.).Bandung : JICA Universitaas Pendidikan Indonesia.

Sukmadinata. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, Utari. 2014. Asesmen Soft Skill dan Hard Skill Matematik Peserta didik dalam Kurikulum 2013. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batu Sangkar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.