Strategi Belajar Think Talk Write dan Kemampuan Berpikir Logis Matematis

Reni Septia Pratiwi, Martin Kustati, Andi Susanto

Abstract


The purpose of this study was to find out the logical thinking skills of students who learn with Solok City's Solok Think Talk Write class VIII strategy. This research is a quasi-experimental design with Randomized Control Group Only Design. Random sampling technique. The experimental class VIIIG and the VIIIE control class were selected. The instrument of this study tests mathematical logical thinking skills. Based on the results of the test, the average experimental class was 80.81 higher than the control class of 75.03. Hypothesis testing with t-test shows that mathematical logical thinking ability of experimental class students is higher than control class students.

Keywords


Ability of mathematical logical thinking, Think Talk Write strategies

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v3i1.264
Abstract views : 553 times
PDF : 383 times

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Andriawan, Budi. 2014. ”MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri Sidoarjo 3:Hal. 43- 44

Asril Rais. 2017. “Semnastika UNIMED: Perbedaan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme dan Pendekatan Klasikal Pada Siswa SMP Terpadu AlBukhari Muslim Medan: ISBN 978-602- 17980.

Dwi Novita Sari. 2018. Penerapan Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat: 1. Hal 97- 103.

Edy Suyatno. 2016. Pembelajaran Matematika dengan Strategi Think Talk Write Berbasis Learning Journal untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis: 7. Hal 58- 65.

Huda, Miftahul. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu – Isu Metodis dan Pragmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nunun Elida. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think Talk Write (TTW): 2. Hal 178- 185.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Tantan, Ali. 2015. ”Jurnal Riset Pendidikan Matematika: Keefektifan Permasalahan Berbasis Masalah dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Logis dan Kritis 2:Hal. 107- 120.

Utari, Sumarmo, Rafiq, Hamidah dan Ratna Sariningsih. 2012. “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematis Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think Talk Write”: 17. Hal 17- 33.

Wahyu, Utari. 2013.“Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik Serta Kemandirian Belajar Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think Talk Write”: 2. Hal 1- 14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.