ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI KEAKTIFAN PADA PEMBELAJARAN COOL-CRITICAL-CREATIVE-MEANINGFUL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/mej.v7i1.5855
Abstract views : 260 times
PDF : 234 times
References
Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri dan keaktifan siswa di kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/752/661
Aini, A. N., Mukhlis, M., Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., & Septiadi, D. D. (2020, February). Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1465, No. 1, p. 012054). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1465/1/012054/pdf
Aini, A. (2021). Pengaruh Penguasaan Materi Matematika Sekolah Menengah terhadap Efikasi Diri Mahasiswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 4(1), 1-6. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1439
https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf
Agustin, Y., & Effendi, K. N. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SPLDV. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 121-132. http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/2222/1530
Djidu, H., & Retnawati, H. 2018. Cultural values-integrated mathematical learning model to develop HOTS and character values. In Character Education for 21st Century Global Citizens, pp. 363-370.
Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234-246. http://www.jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/3604
Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.
Fikri, F. N., Mardiyana, M., & Kuswardi, Y. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah facione pada materi program linear ditinjau dari minat belajar siswakelas xi man purwodadi tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(2), 20-36. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11218/7998
Kie, J., Waliyanti, I. K., & Sari, D. P. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(1). http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/5740/3672
Larasanti, R., & Prihatnani, E. (2021). Pembelajaran daring dengan model kolaboratif 3CM dan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 271-282. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4421/1897
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. 2021. Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics higher order thinking skill questions based on culture and local wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), Vol. 4, No. 1..
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11218/7998
Marfu’ah, I., & Julaeha, S. (2021, July). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1). https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5308/1115
Puspitawati, R. J., Faridah, L., Aini, K. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. INSPIRAMATIKA, 7(1), 16-26. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2496/1685
Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 271-279. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1958/1353
Retnaningsih, A., Kusdiwelirawan, A., & Ermawati, I. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Keaktifan Siswa. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 70-75. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/62/49
Rizqiani, A. S., Sridana, N., Junaidi, J., & Kurniati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 232-239. http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1138/715
Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213-224. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n2_04/787
Salsabilah, A. P., Diwimuri, A., Widuri, S. U., Faradillah, A., Hadi, W. (2021). Proses Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Ditinjau Dari Keaktifan Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura (pp. 139-150). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/5159/3783
Sudjana, (2002). Metoda Statistika. Tarsito: Bandung.
Wahyudi, W., Waluya, B., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2019). The use of 3CM (cool-critical-creative-meaningful) model in blended learning to improve creative thinking ability in solving mathematics problem. Journal of Educational Science and Technology, 5(1), 26-38. https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/7852/5268
Waluya, S. B., & Suyitno, H. (2019, October). Development of 3CM (cool-critical-creative-meaningful) learning model to increase creative thinking skill. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022063). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1321/2/022063/pdf
Wulandari, S., Hajidin, H., & Duskri, M. 2020. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 7, No. 2. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/17774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.