KEEFEKTIFAN PENDEKATAN POLYA QUESTIONING INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN GEOMETRIS SISWA

Fitria Mardika, Rusi Ulfa Hasanah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan Polya Questioning Instruction (PQI) untuk meningkatkan kemampuan penalaran geometris siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pembelajaran matematika dengan pendekatan PQI ini menggunakan model problem solving dengan strategi pemberian pertanyaan (questioning). Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan bertujuan untuk mengarahkan siswa berpikir dan bernalar untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah pemecahan masalah Polya yaitu (1) memahami masalah (understanding the problem), (2) merencanakan cara penyelesaian (devising a plan), (3) melaksanakan rencana (carrying out the plan), dan (4) melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan (looking back).

Desain penelitian untuk memperoleh data mengenai kemampuan penalaran geometris siswa menggunakan bentuk pra-experimental design yang digunakan adalah One-Shot Case Study dimana suatu kelompok diberi perlakuan kemudian diukur hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah 32 orang siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 5 Yogyakarta yang telah memiliki kemampuan awal yang cukup untuk mempelajari konsep.

Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan penalaran geometris. Pendekatan PQI efektif apabila persentase siswa yang memenuhi ketuntasan secara klasikal pada tes kemampuan penalaran geometris minimal mencapai 75%, dan proporsi siswa yang telah mencapai skor kemampuan penalaran geometris minimal kategori tinggi mencapai lebih dari atau sama dengan 75%. Hasil tes kemampuan penalaran geometris siswa menunjukkan bahwa pendekatan PQI efektif untuk meningkatkan penalaran geometris siswa. Hal ini dikarenakan persentase siswa yang mencapai KKM pada tes kemampuan penalaran geometris adalah 75%. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh kesimpulan bahwa proporsi siswa mencapai kategori minimal tinggi lebih dari atau sama dengan 75%.

 

Kata kunci: Polya Questioning Instruction, Questioning, Penalaran Geometris

Keywords


Polya Questioning Instruction, Questioning, Penalaran Geometris

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.675
Abstract views : 561 times
PDF : 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.