Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik

Sintya Novebrini, Asrizal Asrizal, Fatni Mufit

Abstract


Abstract: This study aims to see the effect size of the project-based learning (PjBL) model on students' understanding of concepts, using the meta-analysis method. The articles obtained in this study amounted to 15 articles. The first result of this research is that the project based learning (PjBL) model has a high category effectiveness on students' conceptual understanding. Second, if it is seen from the level of education, the project based learning (PjBL) model has a high category effectiveness for understanding the concepts of students. The third is the use of project-based learning (PjBL) media that is effectively used for understanding students' concepts. Fourth, science and physics material is effectively used for understanding students' concepts.

Intisari: Penelitian bertujuan untuk melihat effect size pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik, dengan menggunakan metode meta-Analisi. Artikel yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berjumlah 15 Artikel. Hasil Penelitian ini pertama yaitu model project based learning (PjBL) memiliki keefektifan kategoti tinggi terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kedua yaitu jika dilihat dilihat dari jenjang pendidikan model project based learning (PjBL) memiliki keefektifan kategori tinggi terhdap pemahaman konsep peserta didik. Ketiga yaitu penggunaan media model project based learning (PjBL) efektif digunakan untuk pemahaman konsep peserta didik. Keempat yaitu materi Ipa dan Fisika efektif digunakan terhadap pemahaman konsep peserta didik.

Keywords


Meta-nalisis; Model Project Based Learning; Pemahaman Konsep

References


Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A.,, Fetiyed, F. . (2018). Development of adaptive contextual teaching model of integrated science to improve digital age literacy on grade VIII students. Journal of Physics : Conferences Series 1116032004.

Aswirna, Wahyudi, hurriyah. 2020. pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash Pada Materi Kalor, Perpindahan Kalor Serta Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. ISSN: 2715-470X(Online), 2477 – 6181(Cetak)

Barlenti, I., Hasan, dan Mahidin. 2017. Pengembangan Lks Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 81-86.

Becker, K. & Park, K. 2011. Effects Of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Subjects On Students’ Learning: A Preliminary Metaanalysis. Journal of STEM Education, 12 (1), pp 71-82

Cohen, J, 1988. Statistiical Power Analysis For The Behavior Sciences. Hillsdale N. Erlbaum Associates. Jurnal Penelitian, 14 (1), 499-500

Desnita, D., Raihanati, R., dan Leonda, M. A. 2014. Strategi Penyusunan Workshop Penyusunan Bahan Ajar Fisika Berbasis Problem Based Learning Bagi Guru SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (EJournal), pp 90-195.

Elvita Lia Novianti1 , Sugeng Sutiarso2 , Widyastuti2.2018.Efektivitas Model Project Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Volume 6, Nomor 7, Halaman 668 ISSN: 2338-1183

Ewisahrani, Widia, dkk,.2020. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Smp. Jurnal Pipa: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. p-ISSN: 2774-5945. e-ISSN: 2774-5937. Vol. 01 No. 02. DOI: 10.36312

F Mufit , Asrizal, S A Hanum and A Fadhilah. (2020). Preliminary research in the development of physics teaching materials that integrate new literacy and disaster literacy. The 2nd International Conference on Research and Learning of Physics, 1-12.

Fitriani. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Pada Kelas X Teknik Komputer Jaringan (Tkj) 1 Smk Negeri 2 Pinrang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya Volume 1 | Nomor 1 | 1 p-ISSN: 2622-9641 e-ISSN: 2655-1276

Fuadah, K., Murni, S., Ibrohim. 2016. Project Based Learning Bersumber Belajar Potensi Lingkungan Lokal Terhadap Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 8, Nomor 1, Agustus 2016, hlm. 10-16

Handayani, I., Karyasa, w., Suardana, N,. 2015. Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA Volume 5.

Julianti, Wahyono, U., dan Saehana, S,. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Multimedia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Tekanan Zat Cair di SMPN 18 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 4 No. 3 ISSN 2338 3240

Kristanti, Y., Subiki., Handayani R,. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 2, Hal 122 - 128

Latudeng, dkk (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Elastisitas Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian dan Pembelajaran IPA, ISSN 2684-995X, Vol.1, No.1.

Latudeng, E., Anas, M., dan Hamimu, L,. 2019. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Elastisitas Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian Dan Pembelajaran IPA, Vol.1, No.1, ISSN 2684-995X

Mihardi S, Harahap M, Sani R .2013. The Effect of Project Based Learning Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems. Journal of Economics and Sustainable Development www.iiste.org ISSN 2222-1700 (Paper) ISSN 2222-2855 (Online) Vol.4, No.18

Purwaningsih E, Sari A, dkk. 2020. Improving the problem-solving skills through the development of teaching materials with STEM-PjBL (science, technology, engineering, and mathematics-project based learning) model integrated with TPACK (technological pedagogical content knowledge).journal of Physics: Conf. Series 1481 (2020) 012133. doi:10.1088/17426596/1481/1/012133

Puspitasari, L, dkk, (2020). Penerapan Project Based Learning (Pjbl) Terbimbing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Pada Konsep Momentum, Impuls, Dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, ISSN: 2685-6190 Vol. 2 No. 2, hal: 69 – 82

Puspitasari, L., Astuti, B., dan Masturi. 2020. Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Physics Education Research Journal. ISSN: 2685-6190. Vol. 2 No. 2. Hal 69 – 82.

Putri, Rezki Aulia., Asrizal., Hidayati. 2018. Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Kontekstual Tema Gelombang Dalam Kehidupan Sehari-Hari Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Pillar Of Physics Education, 11 (3), pp 129-136

Setiawan Y., Suherman A., Haryadi R. 2018. Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Simu-lasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta. Vol. 1, No. 1, Hal. 85-93

Suranti1, Y., Gunawan., Sahidu, H. 2016 Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi ISSN. 2407-6902. Volume II. No 2

Wirasni, dkk (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Smp. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Aalam. ISSN: 2774-594, DOI: 10.36312. Vol. 01 No. 02.

Yudis Setiawan, Andri Suherman, Rudi Haryadi. 2018.Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Simu-lasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta. Vol. 1, No. 1, Hal. 85-93


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v7i2.2956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.