Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Accelerated Learning

Aniswita Aniswita, Handayani Handayani

Abstract


Kemampuan komunikasi merupakan salah satu dari empat kemampuan yang dibutuhkan di abad 21 yang lebih sering disingkat dengan 4Cs. Pembelajaran matematika seyogyanya harus mampu mengembangkan kemampuan komunikasi khususnya komunikasi matematis tersebut. Hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah menengah yaitu SMP N 2 Ampek Angkek kelas VII ditemukan bahwa 75,5 % siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis di bawah 50%. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk meneliti kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 2 Ampek Angkek dengan menerapkan pembelajaran Accelerated Learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Static Group Comparizon Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Ampek Angkek. Sampel dipilih secara acak dan terpilih kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis kemudian di analisis dengan menggunakan uji beda yaitu uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 2,87 lebih besar dari dari t tabel  yaitu 1,68. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Accelerated Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 2 Ampek Angkek tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: Kemampuan, komunikasi matematis, Accelerated Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v1i2.22
Abstract views : 730 times
PDF : 313 times

References


Darkasy, Muhammad dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning. Jurnal Didaktik Matematika. Volume 1. Nomor 1. ISSN 2355-418.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika.

Elida, Nunun. (2013). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran TTW. Jurnal Ilmiah Matematika. Volume 1. Nomor 1. ISSN 2338-7394.

Firdaus. (2013). Modul Evaluasi Pembelajaran Matematika. Padang. Pasca Sarjana UNP.

Ramellan, Purnama dkk. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1. Nomor 1.

Rose, Collin, dan Malcolm. J. Nicholl. (2012). Accelerated Learning for the 21st Century: Cara Belajar Cepat Abad XXI. Edisi Terjemahan. (Bandung: Nuansa).

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito.

Sumadi Suryabrata, (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tiyaparyati. Akselerasi-belajar dan pembelajaran diakses 29 Agustus 2016 dari www.Kompasiana.com/ 54f916a2a3331169018b465a


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.