KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF GENDER DI KELAS X MIA 7 SMAN 10 PADANG

Nana Sepriyanti, Wenny julisra

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki; 2) mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan; 3) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan di Kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mixed Methods). Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh bahwa: 1) kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki menunjukkan kategori cukup yaitu 65,25; 2) kemampuan literasi matematis peserta didik perempuan menunjukkan kategori cukup yaitu 59,14; 3) dilihat dari data nilai kemampuan literasi matematis yang telah dilakukan, menunjukkan peserta didik laki-laki mendapatkan skor kemampuan literasi lebih besar, dibandingkan dengan skor literasi matematis peserta didik perempuan. Selanjutnya, dengan menggunakan uji Independent Sampel T-Test diperoleh perbandingan  (11,10>2,03). Artinya  ditolak,  diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan.

 

Kata Kunci: Literasi Matematis, Gender


Keywords


Literasi Matematis, Gender

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.673
Abstract views : 781 times
PDF : 923 times

References


Abidin, Yunus. 2018. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Amir, Zubaidah. 2013. Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

Anandita, Gustine Primadya. 2015.Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Kubus dan Balok. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Asmara, Andes Safarandes. 2017. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal. Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Florentina.2017. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas VIII Menurut Gender.Jurnal. Seminar Nasional Etnomatnesia

Hasan, Iqbal. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia indonesia.

Karmila. 2016. Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Universitas Cokroaminoto, 3(1). 126-155.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston,VA: NCTM. www.nctm.org.

PISA. 2012. Results in focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know (Paris, France: OECD, 2014)

Purwati, Eni. 2005. Bias Gender dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Alpha Surabaya.

Puspitasari, Agustin. 2015. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi. Universitas Jember

Putri, Ika Septiani. 2017. Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa MTs Model Babakan Tegal ditinjau dari Gaya Kognitif reflektif dan Impulsif. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Rifai. 2017. Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kabupaten Bantul.Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta

Safitri, Isna Nur. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Perspektif Gender. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sari, Dwi Eka. 2016. Hubungan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. STKIP PGRI Lubuk Linggau.

Sepriyanti. Nana. 2017. Pembelajaran Kalkulus Kontekstual Suatu Modifikasi Model. Jakarta. Rajawali Pers

Sepriyanti. Nana. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education pada Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal. IAIN Imam Bonjol Padang

Siwowojoyo, Mia. 2014, Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP N di Kota Raha. Jurnal. Pendidikan Matematika FKIP UHO.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2018. Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suhapti. Retno. 1995. Gender dan permasalahannya. Buletin Psikologi

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Turmidi. 2009. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta: PT. Citra Pustaka

Widiyanto, Wahyu. 2015. Hubungan Kemampuan Komunikasi Efektif Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Negeri Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Kerangkobar Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.